Royanah Blog

Hai, saya Royanah asal Kendal. Ini adalah blogku untuk kegiatanku menulis.

Bagaimana dan Hijjab yang Seperti Apa yang Cocok

Berhijab adalah kewajiban bagi setiap wanita muslimah. Hal ini sudah dicantumkan dalam beberapa ayat  Alqur’an. Satu diantaranya dijelaskan  disurat Al-Ahzab. Allah berfirman, yang artinya:
59. Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab: 59).

Pemakaian jilbab secara syar’i itu yang menjadi kewajiban, tapi tidak ada salahnya  jika kita ingin sedikit berkreasi  dengan cara pemakaiannya. Sekarang ini dimedia-media sosial  banyak sekali terdapat berbagai variasi tutorial pemakaian jilbab. Giliran royanah.com berbagi sedikit  mengenai bentuk jilbab yang cocok dan cara pemakaiannya sesuai bentuk wajah. Tapi sebelum kita melangkah bagaimana, terlebih dahulu  kita mengenal terlebih dulu bentuk muka dan seperti apa hijjab yang cocok.

Tips jilbab di Google.com

Terdapat  bentuk muka  seperti bulat, oval, lonjong dan sebagainya:

- Bentuk muka Bulat dan Kotak:  Pemakaian bentuk dasar  kerudung bertemu dibawah dagu, Gunakan ciput/ kerudung  tutupi sebagian kiri kanan pipi. Jika menggunakan jilbab instan/ bergo, pakailah undercap (dalaman).
Caranya:  Jika memakai kerudung segi empat, lipatkan hingga membentuk segi tiga sama sisi dengan bagian luar lebih besar kira 10cm, agar tepi kerudung tidak terlihat dari luar/balapan.  Letakkan kerudung diatas ciput dengan simetris lalu pertemukan kedua sisinya dibawah dagu, kaitkan dengan peniti kecil. Pilih kerudung berwarna kalem, jangan terlalu kontras, jika ingin memilih jilbab yang bermotif, pilihlah motif  dalam ukuran kecil-kecil.

- Bentuk muka Lonjong dan Segitiga:  Kerudung bertemu dibalik tengkuk, karena gaya kerudung ini akan menjadikan area rahang terlihat lebih besar. Gunakan jilbab Turki atau jilbab Arab.
Caranya: Bahan dasar dan cara penggunaannya hampir sama dengan kerudung dahi diatas.  Bedanya  yaitu cara pemakaiannya, kerudung diletakkan diatas ciput dengan simetris, lalu tarik ujung kiri kanannya kebelakang tengkuk lalu ikatkan. Ambil salah satu ujung kerudung yang telah terikat, tarik kearah depan lalu silangkan kedepan leher. Tambatkan ketepi kerudung yang dibawah telinga.

-Bentuk muka Oval: Bentuk muka ini bisa bebas memilih gaya jilbab, Karena bentuk muka oval mudah untuk disesuaikan. Tinggal anda harus pandai dan luwes mengenakannya.

Tips:
  • Pilihlah hijab dari bahan tidak mudah kusut dan mudah ditata.
  • Karena sifatnya tenang dan lembut sebaiknya kerudung/ scaf warna natural dipadankan dengan ciput warna terang,cerah,kontras dan sebisa mungkin.
  • Sebaliknya jika memilih iner warna natural, kita bebas memlih dalam warna kerudung  lebih berani.
  • Padankan hijab dari warna natural dengan motif lembut, kenakan dengan aneka blus/baju baik polos/ bermotif, yang penting warnanya serasi.



Demikian artikel saya kali ini. Pemakaian jilbab modern memang sangat bervariasi, kreatif. Tapi yang kita harus ingat aturannya harus mengikuti syariat Islam, itulah yang benar-benar dinamakan berhijjab.

Royanah.com menjual fashion muslimah dan jilbab yang cantik-cantik, juga menyediakan produk handmade bross yang  warna-warni, elegan dan unik untuk dipakai bersama hijjab anda.

Kemitraan Usaha

Saya mengajak Anda untuk bekerjasama:
- Sebagai Mitra
- Sebagai Supplyer
- Sebagai Reseller

Silahkan klik FACEBOOK ROYANAH jika anda berminat.

Facebook